Jumat, 03 Desember 2010

Gebyar Semargres : Memanjakan Pengunjung yang Berultah 12 Desember


Bersinggungan langsung dengan para tenant di Mal Ciputra, membuat Aisa Rusnida Jusmar cukup populer dilingkungannya. Sebagai pejabat public relation mal, Achie (begitu panggilannya) sangat konsern dengan program "Semarang Great Sale". CyberNews mewawancarainya Jumat (3/12). Berikut petikan.

Apa arti program Semargres bagi Anda, khususnya dalam kaitan pekerjaan Anda?

Secara langsung atau tidak langsung, kegiatan Semargres ini memberikan arena promosi bagi Mal Ciputra. Karena meski pun mal kami selama ini ada di pusat kota, tapi masih saja ada orang luar kota yang tidak tahu di mana letak Mal Cuptra. Dengan event ini, merupakan kesempatan kami untuk promosi, agar para pendatang akan mengunjungi Semarang dan mampir ke Mal Ciputra.

Anda bersentuhan langsung dengan para tenant untuk program ini?

Ya, saya langsung menghadapi para tenant kami untuk menyambut program pemerintah yang pertama kalinya digelar ini, saya sebarkan formulir pendaftaran, dan yang kembali ada sekitar 60 tenant. Jadi secara otomatis mereka pasti ikut menggelar diskon. Jumlah ini saya kira cukuplah..

Ada yang membandel, karena mereka tidak ikut?

Ya, paling mereka tidak mengembalikan formulir itu saja. Atau mungkin formulirnya hilang atau gimana..

Sanksinya jika mereka tidak ikut?

Ya, kita nggak ada sanksi apa-apa seh. Kami sekadar mengimbau saja. Cuma saya bilang kalau yang ikut program diskon, benefidnya logo perusahaan mereka kami tayangkan di iklan mal Ciputra di media massa secara gratis. Dan dengan benefid ini nyatanya banyak yang ikut juga.

Mengapa mereka tidak ikut?

Saya bisa mengerti, karena ada beberapa tenant yang punya kebijakan promosi secara nasional, dan urusan promosinya harus melalui pusat (Jakarta), misalnya Mc Donald, CFC atau KFC. Jadi mereka tidak bisa memutuskan sepihak untuk urusan promosi seperti ini. Lagi pula mereka sudah menyelenggarakan promosi sendiri, misalnya dengan paket-paket hemat atau hadiah-hadiah.

Mal Ciputra masihkah jadi favorit di Semarang? Mengingat banyak berdiri mal baru?

Sempat seh terpengaruh juga, dari segi pengunjung begitu muncul beberapa pusat belanja baru. Tapi itu cuma sebentar, sekarang sudah normal lagi, dan Mal Ciputra kembali ramai seperti dulu. Mal Ciputra itu amat rekratif karena konsepnya untuk famili. Ada sinema, ada arena mainan anak-anak.

Bulan Desember ada acara apa saja di mal?

Ya, kami berulang tahun tanggal 12 Desember. kami akan launcing komunitas mereka yang lahir pada tanggal itu, yakni akami akan memanjakan para pengujung mal yang ulang tahunnya pas dengan kami yakni tanggal 12 Desember, dari bayi sampai orang tua, bahkan ada pasutri yang lahirnya bareng tanggal 12 Desember. Kami akan berikan reward untuk mereka, berupa voucher belanja, atau makan siang bersama.

Acara lain?

Ya, tanggal 12 Desember kami ada "Morning Bike for Charity". Itu acara sepeda santai yang uang pendaftarannya kami sumbangkan untuk dana kampanye anti narkoba. Karena sejak dulu mal Ciputra selalu konsern pada gerakan antinarkotika.

Acara lain berupa program "Mal Price" yakni bagi yang jadi member. Mereka yang belanja minimal Rp 50 ribu akan mendapatkan kupon, dan kupon itu akan diundi untuk mendapatkan hadiah mobil sebagai grand price. Seru kan?

( Bambang Isti / CN25/suara merdeka )