Selasa, 07 Desember 2010

Diskon Semargres Melambungkan Penjualan Elektronik

Semarang, CyberNews. Pesta diskon Semarang Great Sale (Semargres) melambungkan penjualan produk-produk elektronik. Peningkatan penjualan ini terjadi pada televisI plasma hingga 3D. Selama ini standar interoperabilitas, keterbatasan konten, dan harga seringkali menjadi masalah utama industri televisi plasma dan 3 D.

Namun pada Pameran Atlanta Premium Christmas Sale, penjualan televisi berteknologi canggih itu meningkat berkisar antara 25%-35%. Direktur Atlanta Elektronik, Santoso Kurniadi mengatakan, konsumen ternyata cukup antusias mengadopsi televisi 3D. Karena itu, hingga pameran berakhir hari ini, volume penjualan televisi 3D besar kemungkinan masih terus bertambah. Hal itu dimungkinkan karena sejumlah vendor jor-joran menggelar diskon ataupun memberikan potongan harga hingga 1 juta.

Dewasa ini, konten video 3D, definisi tingggi disuguhkan pada konsumen ke dalam format blue ray. Selain televisi 3D, Santosa mengungkapkan peningkatan penjualan selain televisi plasma seperti LCD dan LED, juga terjadi pada refrigerator dua pintu ke atas.

"Hingga Sabtu kemarin, sementara ada 38 unit televisi plasma yang terjual, sungguh di luar dugaan. Pameran kali ini sekaligus mematahkan bahwa produk high end (premium-red) selama ini sering dinilai sulit terjual, ternyata tidak demikian," ujarnya, Selasa (7/12).

Dia menambahkan, peningkatan penjualan ini juga didukung adanya promo bersamaan Semarang Great Sale, seperti midnight sale yang digelar Mal Paragon. Promo tersebut ditengarai mendongkrak penjualan hingga 60%, dibanding waktu di luar promo midnight sale. Sementara itu, Managing Director Superstore Global Elektronik Gouw Andy Siswanto mengatakan, selama sepekan berlangsungnya Semargres produk yang paling diminati masih seputar audio-video,seperti televisi, 'home theater', DVD player termasuk air conditioner mencapai 55 persen.

Sementara home appliences (white goods) lemari es, mesin cuci, water dispenser mencapai 30 persen, sedangkan 'small appliences' seperti microwave, rice cooker, juicer, dan pemengang roti mencapai 15 persen. "Selama sepekan Semargres ini peningkatan penjualan mencapai 50 persen. Setiap bulan memang terjadi peningkatan namun biasanya hanya berkisar 20% 30%," tandasnya.

Namun, dengan adanya promo besar-besaran Semargres, lanjutnya, menjadikan daya tarik tersendiri. Apalagi dengan banyaknya penawaran menarik dan program penjualan yang dirancang khusus diperkirakan peningkatan penjualan bisa lebih tinggi lagi.

( Hartatik / CN27/Suara Merdeka )